Saturday 25 May 2013

Cristian Ronaldo Biografi

Cristian Ronaldo


      Cristian ronaldo - lahir di medeira, portugal pada tanggal 5 februari 1985. Dia merupakan seorang pesepak bola asal portugal. Nama lengkap dari Cristian Ronaldo adalah Cristian Ronaldo Dos Santo Aveiro dan dia memiliki tinggi badan 186 cm, dia berposisi sebagai sayap kiri dan penyerang. Nama ibunya adalah Maria Dolores Dos Santos Aveiro sedangkan ayahnya bernama  Jose Dinis Aveiro. Dia juga memiliki kakak laki - laki bernama Hugo dan 2 kakak perempuan bernama Liliana Catia dan Elma. Pada awal karirnya dia bergabung bersama andhorinha Pada tahun (1993-1997), Nacional (1995-1997) dan sporting lisbon pada tahun (1997-2001) pada masa junior.
       Cristian ronaldo pernah bermain dengan sporting lisbon pada tahun 2001-2003 bernomor punggung 28 dengan  3 gol dari 25 kali penampilannya. Pada pertengahan musim diadakan pertandingan friendly melawan MU yang menghasilkan skor akhir 3-1 atas MU.Pertandingan tersebut merupakan kekalahan yang tak terduga. Melihat cara bermain C. Ronaldo sir alex ferguson selaku manager MU tertarik dengan penampilannya yang mengagumkan. Hingga akhirnya pada tahun 2003 sir alex mendatangkan C.Ronaldo ke MU. Di Manchesterlah C. Ronaldo memulai karir suksesnya sebagai pesepak bola handal dengan bernomor punggung 7, padahal sebelum dia bergabung di klubnya, C.Ronaldo meminta agar dia diberikan nomor punggung 28. Namun sir alex menolak, ia malah memberikan nomor punggung 7 kepada C. Ronaldo yang merupakan nomor punggung yang sering di gunakan para legendaris dunia sebagai bentuk penghargaan kepada talenta muda yang dimiliki MU. Di Manchester United C. Ronaldo membawa klubnya itu di puncak kejayaannya dengan 196 kali penampilannya dan mengemas 84 gol.
       Akhirnya pada tanggal 1 juli 2009 ia resmi pindah ke Real madrid klubnya sekarang ini dengan mencetak rekor transfer pemain 80 juta poundsterlind atau setara dengan 1,3 triliun rupiah. Oleh karena itu dia dikenal sebagai pemain termahal di dunia.Ia bermain di klub Real Madrid sebanyak 81 kali tampil dengan mengumpulkan sebanyak 87 gol. Ia bahkan menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak di liga Spanyol. 

0 comments:

Post a Comment