Friday 2 May 2014

Sejarah Manchester United

Source : google.com

   Manchester united FC merupakan klub profesional inggris yang bermain di tingkat level utama liga Inggris. Di bentuk pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath LYR Football Club, kaos pertama yang dikenakan berwarna hijau keemasan dan bermain di suatu lapangan kecil di Nort road dekat stasiun KA picadilly. Klub ini kemudian berganti nama menjadi Manchester United pada tahun 1902 dan pindah ke old trafford pada tahun 1910 sekaligus membawa trophy liga pertamanya di old trafford. Kemudian pada tahun 1945 diangkatnya Matt Busby sebagai manager baru MU ternyata juga membawa pengaruh positif, perannya yang sangat baik bersama MU hingga membawa MU ke posisi kedua liga pada tahun 1947, 1948, 1949 dan memenangkan piala FA di tahun 1948.

Ditengah pencapaian kesuksesan, MU di hadang oleh sebuah tragedi. Pesawat yang di tumpangi saat pulang dari pertandingan liga champion eropa, mengalami kecelakaan sewaktu ingin mendarat di munchen, Jerman untuk mengisi bahan bakar. Pesawat itu gagal mendarat karena permukaan landasan ditutupi oleh lumpur sehingga kecepatannya tidak stabil membuat pesawat itu tergelincir. Akibatnya tim tersebut harus kehilangan 8 pemain tim diantaranya  Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Liam "Billy" Whelan dan 15 penumpang lainnya termasuk staff MU seperti , Walter Crickmer, Bert Whalley dan Tom Curry tewas di tempat. Sedangkan pelatih MU, Matt Busby mengalami luka yang sangat serius. Dokter munchen mengatakan bahwa Busby tidak lagi memiliki banyak harapan. Namun, ternyata dia kembali pulih dengan ajaibnya dan setelah dirawat selama 2 bulan Busby akhirnya keluar dari rumah sakit.

   Sempat dikabarkan adanya isu bahwa klub akan mengundurkan diri dari kompetisi liga, namun assisten pelatih Jimmy Murphy telah mengambil alih tim selama Busby dirawat dirumah sakit, Akhirnya klub kembali melanjutkan kompetisi. Meskipun telah kehilangan beberpa pemain, mereka tetap bisa mencapai final Piala FA tahun 1958, dimana merka kalah oleh Bolton Wanderers.

   Setelah pencapaian masa kesuksesan, MU mengalami masa-masa sulit pada tahun (1969-1986). Di  bawah arahan Wilf McGuinnes, yang mengawali musimnya pada tahun 1970–71 mengalami masa kejayaan yang meredup. Hingga akhirnya Guinnes turun jabatan menjadi pelatih cadangan dan digantikan oleh pelatih Busby walaupun hanya 6 bulan. Di bawah kepimpinanan Busby, MU akhirnya mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun pada akhirnya meninggalkan klub pada tahun 1971. Tetapi upaya yang telah diberikan Busby selama menangani MU tidak sia-sia.

   Dibawah asuhan Ron Atkinson yang mengawali kairirnya di tahun 1981, merekrut beberapa pemain dan bahkan dia memecahkan rekor transfer di Inggris dengan membeli Bryan Robson dari West Brom. Robson ini merupakan pemain tengah terbaik sepeninggal dari duncan edward. Dalam masanya bersama MU, sang pelatih berhasil membawa tim menjuarai piala FA sebanyak 2 kali dalam 3 tahun. Selama pencapaian tersebut hingga laga musim berikutnya puncak kejayaan MU semakin meredup dan semakin memburuk hingga mendduki posisi dasar klasemen. Akhirnya pada tahun 1986, pihak klub resmi memecat Atkinson dan digantikan oleh Sir Alex feguson yang menangani Manchester united hingga tahun 2013.

   Pada tahun 1986 -2013 MU merekrut sir alex ferguson sebagai manager baru yang sebelumnya menggantikan Ron Atkinson.  Sir Alex Ferguson melatih MU selama 27 tahun, Pria asal scotlandia tersebut menangani MU mulai dari kompetisi inggris hingga era liga primer dan berhasil memborong 11 kali mahkota juara dari 17 kesempatan. Atas pencapaian kesuksesannya itu sang pelatih pernah menyandang gelar sebagai manager terbaik di eropa. Dan Bersama united ferguson menambah koleksi gelar juara di liga champion tahun 1999 dan 2008.

Manchester United, menjadi tim keempat dalam sejarah dan yang pertama dari Liga Inggris yang meraih TheTrebleWinners ( EPL, FA CUP & UEFA Champions League )

Berikut daftar lengkap tim yang pernah meraih gelar treble winner :

1. Celtic FC, 1966-1967 (Skotlandia)
2. AFC Ajax, 1971-1972 (Belanda)
3. PSV Eindhoven, 1987-1988 (Belanda)
4. Manchester United, 1998-1999 (Inggris)
5. FC Barcelona, 2008-2009 (Spanyol)
6. FC Internazionale, 2009-2010 (Italia)





0 comments:

Post a Comment